Lilypie 4th Birthday PicLilypie 4th Birthday Ticker
Lilypie 2nd Birthday PicLilypie 2nd Birthday Ticker

Monday, May 02, 2005

KYAH INTEEEER !!! (akyas pinter)

Episode 1 :
masih segar dalam ingatan…setiap do’i mau tidur…biasa.....pasti muter muter dulu.
Malam itu....geliat do’i sampai menjangkau bagian pinggir tempat tidur ..dan... akhirnya gedebug !! do’i jatuh dari tempat tidur n nangis tentunya …sangat mungkin sakit !! tapi do’i langsung bangun dan naik ke tempat tidur lagi dan langsung mendahului pertanyaan ayah… dengan perkataan “kiah nter !!…kiah inteer !!…sambil mengangkat jari telunjuknya yang imut di depan matanya ..seperti gaya …anak sekolah yang mau jawab pertanyaan guru…”Saya bu Guru !!!…
Mungkin maksudnya dia mau menyampaikan bahwa meski jatuh dan sakit dia mampu menahannya sehingga do’i ngomog kiah inteer…kiah inter !! meski dengan jelas terlihat oleh @y4h bahwa matanya masih basah dengan air mata yang memang deras mengalir.

Dengan menghibur …@y4h langsung jawab…”iaaa …ia …akyas pinter…akyas pinter….lain kali hati-hati yach !!” sambil tersenyum padahal masih dalam kondisi terharu.


Episode lain :
setiap mau tidur….selain muter-muter…akyas biasanya selalu main jatuh..jatuhan…naik sisi pembatas tempat tidur dan menjatuhkan diri ke kasur …begitu seterusnya…. bahkan pernah @y4h coba test seberapa kuatnya ini anak bisa jatuh bangun.
…setiap selesai jatuh langsung @y4h kasih semangat untuk naik lagi….kalau gak salah hitungannya bisa sampai belasan kali atau malah sudah melewati angka dua puluh….namun kayaknya do’i kagak ada capeknya…sambil ketawa ketiwi terus melakukan hal yang sama…sampai buND4 ngomonk…udah-udah…karena merasa kasihan.. Hihihi …Justru yang menghitung yang capek hugh !!...
After that, setelah dibekap sama ayah..dengan kain….atau dicengkeram sama bunda baru do’i “terpakasa” mou tidur …dan tentunya sebelumnya tidur selalu minta dibacaain buku HDI dari Time Life atau CBD (pinjaman)
Alhamdulillah, waktu terus berjalan….do’i …beberapa minggu ini udah agak jarang nangis sebelum tidur. Dan tentunya selalu ngomonk dengan bahagia….kiah inteer maa....kiah inter maa….dst dst

Episode lainnya lagi :

Seminggu terakhir ini Adek selalu ikut @y4h sholat Maghrib n Sholat Isya jama’ah di masjid. Jarak dari rumah ke masjid lumayan jauh...ya sekitar ½ kiloan deh.
Hari pertama---adek dengan sarung barunya...dengan bangga ikut @y4h ...bahkan mou jalan kaki segala...sembari lari ketawa ketiwi....mendahului @y4h.
Karena pakai sarung + suka lai-larian maka do’i jadi sering terjatuh.
Namun demikian..begitu terjatuh selalu langsung bangun....dan ketika ayah tanyai....Adek sakit ? dengan tangkas dia jawab NGGGAK ! Sebuah jawaban cepat dan singkat meluncur dari mulut mungil adek...sembari dengan gembira melanjutkan lari larinya...sambil teriak...ayaaah..ayo arii ayah.. ayo ari...(red : ayo lari).

(Hari hari selanjutnya adek suka menodong @y4h untuk minta digendong....bukan karena takut jatuh tetapi karena memang adek masih memahami kalau pergi bersama @y4h...berarti kesempatan u minta gendong......dan pergi ke masjid adalah salah satu peluangnya yang dimanfaatkannya.

(that's why ketika do’i lihat gambar beruang yang menggendong anaknya do’i selalu ngomong bahwa yg gendong adalah ayah beruang sedang yg ngasih makan adalah mamanya beruang. ..karena yg suka siapain makan do'i adalah buND4...hehehe ...Justifikasi versi dia).


Hari kedua pergi ke Masjid .....adek gendonk PP (@y4h capek, tapi rontok seketika ketika melihat wajah imut adek yang tampak gembira).

Dialog @y4h dan adek dalam perjalanan ke masjid :
@y4h : ”Adek...emang digendong ayah enak yach ?
Adek : ”Yach !!! enack !!”
@y4h : ”Adek nanti kalau udah besar, gantian gendong ay4h yach ????
Adek : ”Yach!! Ndong ayah !!”
@y4h : “Bener Adek mau gendong ayah ?”
Adek : “Mauu !!!”
@y4h : ”Adek…untuk kegiatan yg akan datang …njawabnya pakai insya Allah, yach.”
Adek : ”Ya !!”
@y4h : ”Insya…..
Adek : Allah ! “

@y4h : Alhamdulillah

Diperjalanan...adek gak bisa diam...pasti sambil nyanyi nyanyi, anatara lain :
Adek : Aku cayang Allah...Aku cayang Allah...kmu juga kamu juga !! Aku cayang Rosul..aku cayang Rosul...Kmu juga kmu juga !!

Kadang bikin bete-bete seneng kalau adek ngarang lagu...bahakan yg parah adalah adek suka ganti semua katanya lirik dengan ayam meski dengan nada yang sama ; ayam ayam ayam ayammm atau ila liqo..ila liqo...sampai jumpa ayam !! hugh !!


Next day, adek mau jalan tetapi pulangnya saja...start jalan kaki dari depan rumah kak Samil.... Adek sekali lagi jatuh terjerembab ....namun tetap dengan sigap bangun kembali.
Sakit ??? GAK !!! Jawaban yang sudah diprediksi oleh @y4h.


Ada hal lucu lain......mmmm apa yach...pokoknya yang gak nyambung tetapi adek bilang kiah inteer juga ...apa yach....oh iya....
Swaktu itu adek minta pinjam pisau ke buND4..mau dipake mainan tetapi dilarang oleh buND4. Bunda berujar ”Adek...gak boleh ! Pisaunya tajam !”....Eeeee...malahan sama adek dijawab ”...nggaak !!!!....kiah inteer !!!!” ....kiah inteer !! (Nah lho....!!!??!!!)

Tadi pagi, sehabis pipis (udah teratur di kamar mandi n gak ngompol)....dicuci @y4h...terus sama ayah adek diminta untuk ke bund4 agar dipakein celana....biasanya do’i langsung bawa celana dan handuk...tapi tadi pagi dia pakai handuk dulu setelah itu pergi ke bunda ...kiah inteer... kiah inter...(maksudnya udah pakai handuk sendiri ) hehehe dst dst.

Episode lain yang agak beda....episode yg menggambarkan kepolosan seorang anak....ketika waktu itu adek dimandiin buND4. Biasanya adek agak sulit dirayu untuk sikat gigi.....do’i malah bilang kiaah gak pinter...kiah gak pinteer...sambil melepaskan diri dari cengekeraman bunD4 yg udah menggenggam sikat gigi. (hehehe maksudnya mendingan dibilang gak pinter daripada ’dipaksa’ sikat gigi......

Kyas inteeer....GAK sakit !! dll adalah bagian dari perkatan-perkataan polos yang selalu keluar dari mulut mungilnya....sejujurnya... sering buat ayah diam-diam terharu...karena dibalik itu semua... adek... kamu telah menunjukkan ketegaran kamu (kemampuan kamu menahan sakit)....kesanggupan kamu dalam menahan diri...keberanian menanggung resiko..tidak takut mencoba..dll.... suatu nilai-nilai yang bisa jatuh sudah memudar di kalanagan orang-orang dewasa seperti kita.
Sungguh bagi seorang yang @y4h yang mengamatimu hanya dalam beberapa % waktu yang ada buat kamu....adalah sesuatu yang sangat ruar biasa... Subhanallah...

Alhamdulillah Allah ijinkan kami belajar dari kamu...semangat pantang menyerah, tak takut untuk terus mencoba dan berani menanggung resiko...suatu semangat survival yang patut di tauladani dari kepolosan seorang anak. @y4h yakin ...anak-anak lain dibelahan bumi juga telah memberikan pelajaran yang sangat berharga, dengan cara dan versi masing-masing tentunya, bagi siapa pun yang mau mencermati perkembangannya .

Subhanallah......Thx Allah.




0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Name :
Web URL :
Message :
smileys